Laman

Jumat, 07 Oktober 2011

Celestia - Sofware Simulasi Alam Semesta

Perkenalkan inilah Celestia. Celestia adalah sebuah sofware yang mensimulasikan ruang angkasa yang memungkinkan Anda menjelajahi alam semesta kita dalam tiga dimensi. Celestia dapat berjalan pada Windows, Linux, dan Mac OS X. Tidak seperti perangkat lunak planetarium pada umunya, Celestia tidak membatasi Anda ke permukaan bumi saja. Anda dapat melakukan perjalanan seluruh sistem tata surya, ke salah satu dari lebih dari 100.000 bintang, atau bahkan di luar galaksi.  

Semua gerakan di Celestia ini mulus, fitur zoom eksponensial memungkinkan Anda menjelajahi ruang angkasa di berbagai skala besar, gunakan mouse kiri dan kanan, maka anda akan dapat menggunakan fasilitas zoom yang tersedia, menggeser planet, mencari tata surya, galaksi dan sebagainya.
Pada menu bar " Solar System" Anda akan menemukan dan melihat berbagai sistem tata surya yang telah di temukan oleh teleskop Hubble dan Fitur " Goto" akan memudahkan Anda untuk menavigasikan alam semesta ke objek yang ingin Anda kunjungi. Celestia sekarang telah diperluas. Dengan berbagai Add-ons yang tesedia, anda dapat menambahkan berbagai satelit, baik satelit planet maupun satelit buatan manusia. Celestia dilengkapi dengan katalog besar dari bintang-bintang, galaksi, planet, bulan, asteroid, komet, dan pesawat ruang angkasa. Jika itu tidak cukup, seperti yang telah kami ungkapkan sebelumnya, bahwa Anda dapat men-download puluhan mudah untuk menginstal add-ons dengan benda lebih banyak dan lebih kompleks, yaitu motherlode Celestia. Motherlode Celestia adalah repositori pusat untuk Add-ons Celestia. Ratusan Add-ons tersedia di motherlode dengan screen shot thumbnail untuk kemudahan browsing planet dalam sistem tata surya.
Dibawah ini adalah source linknya :
  • Download here for Windows
    Paket Windows Celestia adalah arsip self-extracting (exe), download ke komputer Anda dan kemudianjalankannya.
  • Download here for Mac OS X
    Mac OS X adalah paket disk image. Download ke komputer Anda, klik dua kali, dan ikuti petunjuk di README.
  • Download here for Linux (x86) Version 1.4.1
    Jika Anda menjalankannya menggunakan Linux, Anda harus memeriksa dulu dengan distribusi Anda, cek apakah ada kemungkinan bahwa paket ini tersedia untuk Anda dalam format yang paling cocok untuk instalasi anda. Sebuah pre-compiled versi 32-bit disediakan dalam format autopackage. Ini harus dijalankan pada setiap distribusi yang telah ada pada OpenGL dan GTK + 2.6.
  • Download here for Source Code
    Celestia adalah sebuah proyek open source alias bisa diedit, copy, oleh siapa saja. Dengan demikian, kode sumbernya tersedia dan bebas untuk dimodifikasi dan didistribusikan sesuai Lisensi Publik GNU. Petunjuk instalasi yang disediakan dalam file INSTALL.

2 komentar:

tinggalkan komentar anda apabila sudah melihat blog kami ataupun telah membaca artikel dari blok kami. terima kasih.